News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

2 Bulan Lagi Hasilnya Diumumkan, Pihak Penyelenggara OSN Dituntut Transparan

2 Bulan Lagi Hasilnya Diumumkan, Pihak Penyelenggara OSN Dituntut Transparan


Meski pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD sudah selesai  dilakukan hari ini, Kamis (28/3)  namun  hasilnya  diumumkan panitia Provinsi Sumatera Utara pertengahan bulan Mei.Hal inipun menimbulkan kecurigaan adanya indikasi kecurangan alias masuk angin.

Pantauan Lensa Sumut.Com di lokasi ujian,banyak Guru dan Orang Tua  Peserta ujian OSN dari Daerah  komplen karena hasil ujian diumumkan pertengahan atau akhir bulan Mei nanti.
" Aneh ya masak meriksa hasil ujian tak bisa diselesaikan hari ini juga,padahal siswa bisa ngerjakan soal 2,5 jam untuk 50 soal.seharusnya panitia bisa juga mengoreksi hasil ujian peserta 1 jam"kata Salah seorang Guru dari Tanjung Balai yang tidak mau disebutkan namanya.


Hal senada juga diungkapkan Boru Lumban Gaol orangtua peserta OSN dari Humbang Hasundutan,kecewa dengan sistem OSN ditingkat Provinsi.
" tak masuk akal lagi ini kalau hasilnya diumumkan 2 bulan lagi,kami merasa tidak puas dengan sistem pengumuman OSN ini,kami jauh jauh dari Humbang sana untuk berkompetisi tapi hasil ujian dari anak anak kami harus kami tunggu berbulan bulan.Kalaupun kalah anak didik kami tidak masalah yang penting bisa diumumkan hari ini juga sampai malam juga kami tunggu.
Begitu juga salah seorang Guru dari Simalungun kurang puas jika menunggu berbulan bulan hasil OSN
" tiap tahun memang begini OSN Bang,hasilnya lama lama kali diumumkan,wajarlah kita komplen karena tidak tranparan.Coba dikoreksi panitia hari ini pasti kita puas kalaupun kita tidak dapat juara"Kata Guru paruh baya

Sementara Panitia OSN tingkat Provinsi,boru Gultom saat dimintai keterangannya mengatakan" Dinas Pendidikan Provinsi sifatnya hanya memfasilitasi.Kalaupun lama diumumkan hasil ujiannya itu bukan wewenang kami untuk menjawabnya.Dan hasil ujian peserta OSN ini langsung dibawa tim dari Kementerian ke Jakarta,jadi tidak singgah di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi"

Seperti diketahui sebanyak 198 murid Sekolah Dasar (SD) peringkat 1,2,3 dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Sumatera Utara, 27 sampai 28 Maret 2019 di Hotel Garuda,Medan.

Dari kompetisi tersebut, sepuluh murid terbaik pada bidang studi matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhak mewakili Sumut ke tingkat Nasional pada 30 Juni-6 Juli mendatang di Yogyakarta.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.