News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peluncuran Satelit Ini Pelosok RI Segera Tinggalkan Internet 2G

Peluncuran Satelit Ini Pelosok RI Segera Tinggalkan Internet 2G

 Nusantara Satu merupakan satelit komunikasi geostasioner milik PT Pasifik Satelit Nusantara sebuah perusahaan telekomunikasi satelit di Indonesia. Nusantara Satu menjadi Satelit Berkapasitas Tinggi atau High Throughput Satellite pertama yang dimiliki Indonesia.

Peluncuran Satelit Nusantara Satu pada Jumat 22 Februari 2019, akhir pekan lalu menjadi tolak ukur kemerdekaan akses internet oleh seluruh rakyat Indonesia.

Memang selama ini daerah pelosok nusantara hanya bisa menikmati akses jaringan internet generasi kedua (2G). Dengan munculnya satelit baru ini penggunaan jaringan internet generasi keempat (4G) bisa dinikmati.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Anang Latif mengatakan Satelit Nusantara Satu bermanfaat meningkatkan penerobosan internet di Indonesia. Kecepatan internet pun akan setara dengan teknologi internet fiber optic (FO).

Dengan adanya satelit ini (Satelit Nusantara Satu) kecepatannya menandingi sinyal fiber. Kalau memakai internet yang lama biayanya mahal dan lamban. Dengan satelit ini 4G bisa digelar hingga ke perbatasan pedalaman (pelosok) bisa dipakai. Jika dulu tidak bisa pakai 4G, apalagi untuk pedalaman hanya bisa 2G," kata Anang kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Minggu (24/2/2019).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa kapasitas internet yang disediakan oleh satelit ini sama dengan seluruh kapasitas ketersediaan internet di negeri ini, yakni 15Gbps.

Sehingga dengan penambahan satelit ini total kapasitas internet Indonesia saat ini mencapai 30Gbps, lainnya disumbang oleh satelit yang dimiliki oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Indosat Tbk (ISAT) dan lain sebagainya.
Satelit ini merupakan satu dari target lima satelit yang akan disewa pemerintah hingga 2022-2023 nanti, sembari menunggu dioperasikannya satelit multifungsi milik pemerintah.

Menurut Anang, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) merupakan satu-satunya pemain lokal yang satelitnya akan digunakan oleh pemerintah. Sementara, empat satelit lainnya diakuinya adalah milik asing.
Belum ada (perusahaan Indonesia yang mampu). Teknologinya tinggi jadi belum ada yang sanggup untuk fabrikasi dan roket peluncurnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.