News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dipastikan, Ketua DPR 2019-2024 dari Kader PDI Perjuangan

Dipastikan, Ketua DPR 2019-2024 dari Kader PDI Perjuangan

PDIP
Politisi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari menegaskan Ketua DPR-RI periode 2019-2024 mendatang sudah bisa dipastikan adalah kader PDI Perjuangan.

Sebab, berdasarkan Quick Count berbagai lembaga survei maupun Real Count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU)-RI, PDI Perjuangan unggul dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Sehingga hampir bisa dipastikan, pemenang Pileg tahun ini adalah PDI Perjuangan.  "Otomatis, Ketua DPR adalah kader PDI Perjuangan sebagai partai pemenang Pemilu," kata Eva kepada Gesuri, Rabu (8/5).

Eva menambahkan, kemungkinan besar PDI Perjuangan mengamanatkan Puan Maharani untuk mengemban amanat Ketua DPR-RI.

"Adalah hak prerogatif partai pemenang untuk mengajukan siapa yang diberi amanat sebagai Ketua DPR, Insya Allah kami mengajukan mbak Puan Maharani," kata Eva.

Eva menegaskan, penentuan Ketua DPR-RI adalah hak sepenuhnya partai pemenang pemilu. Jadi, Ketua DPR saat ini tak lagi ditentukan oleh pemilihan berdasarkan suara terbanyak.

"Demikian diatur oleh UU MD3 Nomor 2 Tahun 2018," ungkap Eva.

Puan Maharani saat ini memang mencatat rekor perolehan suara jumbo yaitu mencapai lebih dari 420 ribu. Suara tersebut didulang oleh putri Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri itu di dapil Jateng V yang meliputi Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta.(Gesuri.id)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.