News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Memasuki Bulan Ramadan 1440 H, KMP Ihan Batak Siap Melayani dan Menambah Jadwal Penyeberangan 

Memasuki Bulan Ramadan 1440 H, KMP Ihan Batak Siap Melayani dan Menambah Jadwal Penyeberangan 

KMP Ihan Batak Di Perairan Danau Toba. (Foto, Lensa Sumut/Aldy Sitorus)
Lensa Sumut - Perusahaan jasa penyebrangan Angkutan Sungai Danau Penyebrangan (ASDP) Cabang Sibolga di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) merencanakan penambahan jadwal penyebrangan Kapal Motor Penumpang (KMP) Ihan Batak di Danau Toba. Penambahan direncanakan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna jasa penyebrangan Ajibata-Ambarita.

"Kajian dari ASDP untuk kemungkinan lonjakan pengguna jasa penyebrangan Ajibata-Ambarita sangat tinggi, untuk itu rute penyebrangan KMP Ihan Batak akan ditambah sesuai permintaan dan situasi, " ujar perwakilan ASDP Cabang Sibolga, Awal Batubara,  Selasa (14/5/2019) di Ruang Rapat Mini Kantor Bupati.

Penambahan penyebrangan KMP Ihan Batak dalam menghadapi arus mudik dan kunjungan wisata ke Kabupaten Samosir melalui Pelabuhan Ajibata, hingga saat ini masih eksis 4 trip penyebrangan setiap hari untuk masa libur Lebaran apabila ada penambahan atau lonjakan penumpang akan ditambah menjadi 6 sampai 8 kali setiap harinya.

"Penambahan akan disesuaikan dengan permintaan dari pengguna jasa penyebrangan, " sebutnya mengakui meskipun belum pernah mengalami pelayanan dalam  suasana lebaran, akan tetapi antisipasi tetap dilakukan.

Tentang pasilitas KMP Ihan Batak disampaikan oleh pengelola itu supaya tidak diragukan karena seluruh pasilitas sudah disesuaikan dengan standar internasional.

"Kepada pengguna jasa KMP Ihan Batak kami sampaikan tidak ragu dengan pelayanan kami sebab seluruh pasilitas dan kenyamanan sudah terjaga sesuai standar yang benar sekelas hotel berbintang, " tuturnya.

Penyampaian rencana kerja KMP Ihan Batak yang juga sebagai laporan resmi kepada Dinas Perhubungan Toba Samosir diharapkan untuk selama pelayanan jasa penyebrangan di Lebaran 1440 H bisa berjalan lancar.

"Kami laporkan seluruh peralatan keselamatan penumpang mulai dari life jaket hingga manifest penumpang tetap terjaga dan terlaksana,"ujarnya.

Senada disampaikan PT Gunung Hijau Megah pengelola KMP Danau Toba I dan II, Rolan Manurung. Dia menyampaikan menyikapi kemungkinan ada lonjakan penumpang angkutan pihaknya bersedia melakukan penambahan jadwal penyebrangan.

"Pihak kami dari KMP Danau Toba I dan II untuk memperlancar penyebrangan bersedia menambah rute kapal untuk jurusan Pelabuhan Ajibata-Pelabuhan Tomok, "lanjutnya.

Rencana pelayanan dan penertiban lalu lintas bagi pengguna jasa angkutan darat dan perairan di Kabupaten Tobasa pada Lebaran Tahun 2019 dibuka oleh Asisten II Jhonpiter Silalahi juga dihadiri Kadis Perhubungan Pargaulan Sianipar, Kabid Prakes Donal Simanjuntak, Kabid Lalin Ojak Samosir, Kabag Ops Polres Tobasa, Kasat Lantas AKP Selvi dan pemilik usaha transportasi serta PT Jasa Raharja. (Aldy Sitorus)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.