News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sungai Asahan di Daerah Porsea Semakin Sempit

Sungai Asahan di Daerah Porsea Semakin Sempit

Badan air sungai Asahan ditutupi timbunanan tanah dan sampah. (foto, Lensa Sumut/Aldy Sitorus).

Lensa Sumut.com, Porsea-
Aliran air Danau Toba yang bermuara ke Sungai Asahan di Daerah Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) semakin sempit. Hal ini diakibatkan, melebarnya timbunan tanah dipingiran sungai.
Jika hal ini dibiarkan, diperkirakan, tiga tahun mendatang, sungai asahan akan menjadi parit kecil, sehingga airnya tidak dapat dipergunakan PT Inalum.

Hal ini diungkapkan Camat Porsea Robert Manurung, Senin (27/5/2019). Katanya, Tepat dibawah jembatan Porsea, sekitar 15 mter badan air sungai asahan ditutupi timbunanan tanah dan sampah. Kondisi ini membuat kota Porsea beberapa tahun terkhir terlihat kumuh.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya sudah menyerahkan surat permohonan kepada PT Inalum, dan Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta I, yang berada di Simangkuk Desa Tangga Batu I, Kecamata Parmaksian, untuk menangani masalah semakin sempitnya sungai asahan di Porsea.

Pertengahan tahun 2017 dan Awal tahun 2018, pihak PT Inalum dan Perum Jasa Tirta 1 bersama Camat Porsea, meninjau kondisi lokasi sungai asahan yang semakin sempit. Meski demikian, pihak perusahaan tidak merealisasikan penanganan masalah semakin sempitnya sungai tersebut.

“Sampai sekarang suratnya tidak direspon. Surat permohonan penanganan sempitnya suangai asahan di Porsea sudah dua kali kita layangkan. Surat permohonan itu, saya yang serahkan kepada PT Inalum dan Perum Jasa Tirta 1. Padahal jika dibiarkan, sungai asahan semakin sempit dan airnya tidak dapat digunakan, tentu PT Inalum yang dirugikan,” ujar  Camat Porsea.

Meski musim penghujan, kata Robert Manurung, permukaan atau pun debit air Danau Toba terus mengalami penurunan. Belum diketahui pasti, penyebab surut permukaan air Danau Toba tersebut, dalam beberapa tahun terakhir.

“Surutnya permukaan Danau Toba juga mengakibatakan, dermaga yang ada di Porsea tidak berfungsi. Sudah banyak masyarakat meminta, agar dilakukan penelitian terkait surutnya permukaan air Danau Toba,” terang Camat Porsea ini. (Aldy Sitorus)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.