News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tanaman Padi Milik Warga Porsea Menguning dan Siap  Panen

Tanaman Padi Milik Warga Porsea Menguning dan Siap  Panen

Tanaman Padi Menguning Dan Siap Di Panen Pada Bulan Juni Mendatang. (Foto/Aldy Sitorus)

Tobasa,Walau persawahan di seputar Desa Parparean 2, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) tidak mempunyai saluran irigasi alias sawah tadah hujan, namun bulir padi yang berisi sudah tampak di lahan sawah milik para warga.

Masta Napitupulu (38), salah seorang petani padi saat dijumpai di persawahan miliknya mengatakan pada awal bulan Juni 2019, padi di lahan tadah hujan itu sudah siap di panen.

 "Walau lahan sawah kami disini merupakan sawah tadah hujan, namun berkat intensitas curah hujan yang lumayan sering membuat tanaman padi warga disini tidak kekurangan air," ujar Masta.Minggu,(12/5/19)


Dibandingkan tahun lalu, hasil panen kali ini, menurut ibu beranak 3 itu, jauh lebih baik. Tahun lalu, curah hujan sangat sedikit, sehingga banyak bulir padi yang kosong. Pokoknya minimlah hasilnya.


Dirinya mengharap, kiranya pemerintah berkenan membantu kesulitan petani di sekitar Desa itu terkait minimnya ketersediaan air bagi tanaman. Biasanya, petani disini, bila usai panen padi, maka lahan ditanami sayur dan umbi umbian, jadi tetap butuh air.


Senada diungkapkan P. Panjaitan, (51), yang juga petani padi di lokasi yang sama. Dirinya mengaku senang melihat hasil panen padi miliknya bakal meningkat dibanding tahun lalu.


 "Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan limpahan anugrahnya, sehingga hasil panen kali ini dapat meningkat. Terlebih sebentar lagi, anak sekolah akan memasuki tahun ajaran baru, sangat dibutuhkan dana," katanya.
(Aldy Sitorus )
Teks Foto: Tanaman Padi Menguning Dan Siap Di Panen Pada Bulan Juni Mendatang.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.