News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wakil Bupati Tobasa Tinjau Panen Bawang Warga Desa Balige

Wakil Bupati Tobasa Tinjau Panen Bawang Warga Desa Balige

Wakil Bupati dan para rombongannya memilih duduk di tikar yang digelar sebagai bentuk kebersamaan. (Foto, Lensa Sumut/Aldy Sitorus)
Para Petani Bawang Merah yang merupakan warga Dusun Sosor Dolok, Desa Pea Talun, Kecamatan Balige mendapat kehormatan atas kunjungan Wakil Bupati Toba Samosir, Ir. Hulman Sitorus, MM di desa tersebut pada, Rabu(15/5/2019).

Warga masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Karcis itu, tampak sangat antusias menyambut kedatangan Wakil Bupati, hal sebaliknya juga terlihat pada raut wajah Hulman Sitorus yang selalu senyum disalami para warga.

Terlihat, walau warga sudah mempersiapkan kursi empuk untuk diduduki Wakil Bupati dan para rombongannya, namun dirinya lebih memilih duduk di tikar yang digelar sebagai bentuk kebersamaan dan kekeluargaan.

Saat acara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Perkebunan (Distanakbun) Tobasa, Sahat Manullang mengatakan bahwa Kelompok Tani Karcis telah berhasil melaksanakan pertanaman bawang merah.

"Setelah kita beri bantuan bibit bawang merah pada Oktober 2018 lalu, ini merupakan panen yang kedua kalinya oleh Kelompok Tani Karcis dengan hasil yang sangat bagus, mencapai 350 kg per rante," lapor Sahat.

Sementara itu, Drs Tolopan Hutagaol, Pj. Kepala Desa Pea Talun memaparkan, bahwa warga desa Pea Talun khususnya dusun 3 dan 4 sudah sangat lama tidak menikmati hasil pertanian yang memadai akibat rusaknya saluran irigasi Sibongbong.
"Berkat perhatian Pemkab Tobasa yang sudah mempernaiki irigasi itu maka lahan pertanian padi warga sudah bisa diusahai seluas 40 hektar dari 120 hektar lahan persawahan di wilayah ini," sebut Tolopan.

Terkait dengan hasil panen Bawang merah itu, Ketua kelompok Tani Karcis menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemkab Tobasa sebab dengan bantuan bibir itu maka kini penghasilan warga sudah bertambah.

"Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan bibit bawang merah ini Pak Wakil Bupati. Kami sangat berterimakasih. Namun demikian, melihat luasnya lahan pertanian disini, kami masih mengharapkan bantuan hand tractor Pak," pintanya.
Dalam arahannya, Wakil Bupati menekankan kejujuran dalam bekerja, sebab kejujuran, ketekunan, dan tetap mau belajar merupakan kunci kesuksesan.

"Bibit itu kita beli untuk ditanam. Hendaklah Bapak Ibu sekalian menanam bawang ini sesuai dengan jumlah bibit yang kalian terima. Tekunlah maka hasil akan memuaskan," himbau Hulman. (Aldy Sitorus)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.