10 Alasan Wanita Harus Rajin Konsumsi Brokoli

Brokoli
Brokoli mengandung vitamin C sebanyak 2 kali lipat buah jeruk. Sayuran renyah ini juga memiliki kandungan kalsium, selenium, dan sejumlah antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Wanita perlu mengonsumsi brokoli secara teratur. Khasiatnya sangat beragam. Kandungan antioksidannya bisa menurunkan risiko kanker dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sementara vitaminnya akan menutrisi kulit dari dalam.

Berikut ini kami tampilkan sederet khasiat yang bisa didapatkan wanita dengan konsumsi brokoli secara teratur.

1. Menyehatkan Kulit dari Dalam

Brokoli mengandung zat yang disebut glucoraphanin. Zat tersebut akan diolah tubuh menjadi sulforaphane yang berfungsi membantu perbaikan sel kulit. Menyantap brokoli secara teratur akan menjadikan kulit sehat, lembap, dan lembut dari dalam.

2. Menjadikan Kulit Awet Muda

Brokoli termasuk sayuran yang kaya akan antioksidan. Vitamin C di dalam sayuran ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan nutrisi kunci untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Jadi konsumsi sayuran ini secara teratur akan menjadikan kulit awet muda.

3. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Brokoli disebut mampu melindungi kulit lebih baik daripada tabir surya terhadap kanker kulit. Bahkan, Anda bisa mengoleskan ekstrak brokoli di kulit Anda sebelum mandi. Sulforaphane di dalamnya akan melindungi kulit dari sinar ultra violet.

4. Menjaga Berat Badan

Metabolisme yang baik dan berat badan terkontrol dimulai dari pencernaan yang sehat. Brokoli dipecah di dalam lambung menjadi sejumlah senyawa. Salah satunya adalah indolocarbazole atau ICZ. ICZ mengaktifkan senyawa lain yang disebut reseptor aril hidrokarbon atau AHR) yang bertugas menjaga kelancaran fungsi cerna usus.

Vitamin C dan dan kalsium di dalam brokoli akan membantu melancarkan metabolisme tubuh.Serat di dalam brokoli juga baik untuk mereka yang sedang berdiet. Menyantap brokoli akan membuat perut cepat kenyang. Sayuran ini juga rendah kalori, lho.

5. Menjaga Kepadatan Tulang dan Gigi

Brokoli merupakan sumber vitamin K, kalsium, kalium, dan magnesium yang sangat baik. Semuanya berperan dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Beberapa ahli mengatakan vitamin K menjaga kekuatan tulang lebih baik daripada kalsium. Secangkir brokoli mengandung 270 persen vitamin K yang Anda butuhkan dalam sehari.

6. Detoksifikasi

Brokoli sangat bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Kandungan glucoraphanin, gluconasturtiin, dan glucobrassicin di dalam brokoli bakal menetralkan dan menghilangkan bahan kimia yang tidak diinginkan dari tubuh Anda.


7. Menjaga Kesuburan Rambut

Vitamin B dan vitamin C yang ada di dalam brokoli bisa membuat folikel rambut Anda lebih kuat. Vitamin C juga memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Sayuran hijau gelap seperti brokoli juga sarat dengan vitamin A dan C yang membantu menghasilkan sebum, minyak kulit kepala alami yang membuat rambut senantiasa lembut.

8. Menjadikan Rambut Berkilau

Minyak biji brokoli mengandung asam lemak unik yang mirip dengan silikon di dalam sampo. Asam lemak yang disebut asam erucic ini akan memberikan kilauan sehat pada rambut Anda.

9. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Salah satu jenis kanker yang risikonya bisa diturunkan dengan konsumsi brokoli adalah kanker payudara. Sayuran ini mengandung glukosinolat, bahan kimia yang memiliki belerang. Selama proses memasak, mengunyah, dan mencerna, glukosinolat dipecah untuk membentuk senyawa yang aktif secara biologis. Salah satunya adalah indole-3-carbinol yang memiliki khasiat antikanker.


10. Mencegah Jerawat

Vitamin dan mineral di dalam brokoli bertindak sebagai nutrisi yang menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya jerawat dari dalam. Kulit pun senantiasa mulus bebas masalah.

Demikian manfaat-manfaat kecantikan yang terkandung di dalam sekuntum sayuran brokoli. Pastikan Anda mengonsumsi sayuran berwarna hijau gelap ini secara teratur agar manfaat yang didapat pun maksimal.(Int)